Guardiola Mundur dari Barca

Label:

Guardiola
Seperti yang sudah diduga-duga pelatih Barcelona Josep Guardiola akhirnya memutuskan tidak akan melatih lagi di Nou Camp pada musim depan.

Kepastian ini disampaikan dalam jumpa pers pada hari Jumat (27/4) yang dihadiri presiden Barca Sandro Rosell dan beberapa pemain seperti Carles Puyol, Xavi Hernandez, Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Cesc Fabregas.

Kabar kepergian Guardiola dari Nou Camp sudah terdengar beberapa hari terakhir mengingat kontraknya akan habis akhir musim nanti. Guardiola memang enggan dikontrak jangka panjang dan cuma ingin semusim demi semusim.

Barca sendiri sudah berusaha mempertahankan Guardiola. Kabarnya mereka telah menawarkan cek kosong untuk diisi sendiri nilai nominalnya oleh Guardiola, namun eks kapten Barca itu menilai saat ini merupakan momen tepat untuk pergi.

"Saya ingin anda mengerti ini bukan keputusan sederhana tapi saya akan mencoba untuk menjelaskan apa yang saya rasakan dan saya berharap orang-orang akan mengerti. Saya sangat menyesal atas kebingungan selama beberapa minggu terakhir," ujar Guardiola.

"Saya selalu ingin kontrak jangka pendek karena tuntutan di Barca begitu besar. Saya pernah menjadi pemain dan saya tahu persis bagaimana itu. Saya selalu berpikir bila empat tahun adalah keabadian bagi klub. Saya tidak ingin memiliki kontrak yang mengikat saya."

Guardiola merasa masa empat tahun melatih Barcelona yang penuh kesuksesan sudah cukup sehingga memilih mengakhirinya di musim 2011/2012.

"Empat tahun membuat semua orang lelah. Saya memberitahu presiden bila era saya mendekati akhir sekitar September-Oktober. Pelatih baru akan dapat memberikan hal yang saya tidak dapat berikan lagi. Saya tahu apa yang saya tinggalkan - ini tempat terbaik, tapi ini waktu yang tepat," pungkas Guardiola.

Sejak dipromosikan dari tim B Barca pada tahun 2008, Guardiola memang mampu membangkitkan kejayaan Los Azulgranas. Dengan permainan tiki-taka, Barca dibawah asuhan Pep total meraih 13 gelar termasuk tiga gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions.


0 komentar:

Posting Komentar